get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Cerita Sejarah Jumat Tanggal 13, Dianggap Hari Sial hingga Momen Kematian Tragis!

Jum'at, 13 Mei 2022 | 13:47 WIB
header img
Ilustrasi Friday the 13th. (Foto: Shutterstock)

HARI ini Jumat tanggal 13, biasa disebut dengan Friday 13th. Ada kisah misterius dan menyeramkan di balik folklore tersebut.

Ya, Friday 13th menyimpan misteri karena sebagian orang percaya bahwa di momen tersebut kesialan akan menimpa seseorang. Ini sama saja seperti Anda melihat ada kucing hitam lewat di depan Anda dan kepercayaan di masyarakat mengatakan ada kesialan yang bakal menghampiri Anda.

Angka 13 menjadi dasar mengapa kesialan tersebut dipercayai akan datang. Ini bahkan diamini oleh masyarakat zaman dulu, makanya hukum ke-13 pada kode Hammurabi kuno dihilangkan saking orang zaman dulu takut dengan angka 13.

Di sisi lain, Friday 13th dianggap membawa sial juga merujuk pada kisah Alkitab yang menjelaskan 13 tamu menghadiri Perjamuan Terakhir yang diadakan pada Kamis Putih. 13 orang tersebut adalah Yesus dan 12 rasulnya.

Friday the 13th

Nah, hari berikutnya dari momen Perjaman Terakhir adalah Jumat Agung yang mana hari penyaliban Yesus. Teori ini diasosiasikan negatif oleh sebagian orang karena angka 13 di Perjamuan Terakhir memberikan dampak negatif setelahnya.

Kepercayaan akan munculnya kesialan dari angka 13 maupun Jumat tanggal 13 atau Friday 13th berlanjut ke era modern sekarang. Ya, banyak sekali film yang mengangkat folklore kepercayaan tersebut dan selalu bernuansa horor dan pembunuhan.

Sebut saja film 'Friday the 13th' yang dirilis pada 1980. Film tersebut mempopulerkan pembunuhan yang dilakukan pria bertopeng bernama Jason kepada orang-orang di sekitarnya. Dari film tersebut, kepercayaan Friday 13th menjadi momen menakutkan semakin melekat kuat di masyarakat.

Terlepas dari tahayul atau sebatas cerita rakyat, kejadian buruk memang sejatinya pernah terjadi di Jumat tanggal 13 atau Friday 13th. Laman History mencatatkan ada beberapa peristiwa penting yang menyeramkan terjadi di Friday 13th.

Peristiwa itu antara lain pengeboman di Istana Buckingham (Jumat, 13 September 1940), pembunuhan Kitty Genovese di Queens, New York (Jumat, 13 Maret 1964), atau bencana angin topan yang menewaskan lebih dari 300.000 orang di Bangladesh (Jumat, 13 November 1970).

Tak berhenti di situ, ada juga peristiwa hilangnya pesawat Angkatan Udara Chili di Andes (Jumat, 13 Oktober 1972), kematian rapper Tupac Shakur (Jumat, 13 September 1996), hingga jatuhnya kapal pesiar Costa Concordia di lepas pantai Italia yang menewaskan 30 orang (Jumat, 13 Januari 2012).

Dari semua peristiwa tersebut, selalu ada orang yang meninggal di Jumat tanggal 13 atau Friday 13th. Semoga di hari ini mitos menyeramkan terkait momen tersebut tidak terjadi, ya.

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut