get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Mulai Dilakukan di Amerika Serikat, Bagaimana Indonesia?

Senin, 04 April 2022 | 20:11 WIB
header img
Amerika Serikat mulai lakukan vaksinasi dosis keempat.(Sumber/okezone.com/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id -  Berdasarkan hasil keputusan dari Food and Drug Administration (FDA), negara Amerika Serikat sudah mulai untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dosis keempat.

Untuk jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk dosis keempat adalah Pfizer. Kemudian, Pfizer meminta FDA untuk menghapus suntikan keempat untuk orang berusia 65 tahun dan lebih tua, sementara Moderna meminta dosis lain untuk semua orang dewasa.

"Bagi orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan lain, kata ahli imunologi Universitas Pennsylvania E. John Wherry.

Di sisi lain, sebuah studi mengungkap hasil dosis keempat vaksin Covid-19 ternyata cukup manjur. Penelitian tersebut diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan bahwa dosis keempat vaksin Covid-19 dinilai cukup manjur tetapi masih imunogenik dan aman.

Menurut penulis tidak ada perbedaan yang signifikan, dalam respon imun atau dalam tingkat antibodi penetral khusus omicron antara dosis ketiga dan keempat vaksin.

"Hasil kami menunjukkan imunogenisitas maksimal vaksin mRNA dicapai, setelah tiga dosis dan tingkat antibodi dapat dipulihkan dengan dosis keempat,” ujar para penulis dilansir Medical Daily.

Lantas Bagaimana dengan Indonesia?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 memberikan respons soal dosis keempat vaksin Covid-19 masih menunggu rekomendasi lanjut dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Dia menegaskan bahwa saat ini, Kemenkes masih fokus pada vaksin dosis ketiga yaitu booster.

"Terkait dosis ke empat seperti tadi ditunggu rekomendasi lebih lanjut," ujar dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut