get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Jangan Berlebihan, Begini Cara Menyikapi Anak Perempuan Ketika Memasuki Masa Pubertas

Jum'at, 25 Maret 2022 | 19:38 WIB
header img
Cara orang tua menyikapi anak memasuki masa pubertas.(Sumber/Sheknows/okezone.com)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Sebagai orang tua, kita harus bisa menempatkan posisi sesuai dengan usia anak. Artinya, ketika anak menginjak remaja maka pola pengasuhan dan cara mendidik pun juga berbeda ketika mereka masih kecil. Ketika remaja, anak-anak akan memasuki masa pubertas khususnya dalam hal ini adalah anak perempuan.

Di mana, masa pubertas merupakan masa peralihan dari masa anak anak menuju dewasa. Nah, para orang tua harus peka dan bisa menyikapi dengan baik perkembangan anak perempuannya yang tengah memasuki masa pubertas.

Seorang profesor pediatri di West Virginia University Amerika Serikat, Pamela Murray, MD, MPH, mengatakan, masa pubertas adalah perubahan besar dalam waktu yang singkat. “Perubahan tentu selalu sulit,” kata Murray dikutip dari WebMD, Jumat (25/3/2022).

Beberapa contoh perubahan yang terjadi di masa pubertas di antaranya percepatan pertumbuhan, pertambahan berat badan, menstruasi bagi remaja perempuan, tumbuhnya payudara bagi remaja perempuan, suara yang memberat bagi remaja pria, jerawat, hingga tumbuhnya rambut di kemaluan atau area seperti ketiak.

Perubahan ini tentu tidak mudah bagi remaja yang juga mengalami perubahan hormon. Jika sudah demikian, lantas bagaimana cara menyikapi masa pubertas? Ada beberapa cara menyikapi masa pubertas yang bisa dilakukan para remaja perempuan.

 

Berikut informasi selengkapnya, seperti dirangkum dari WebMD, Jumat (25/3/2022). 

Berpikir Positif

Memulai masa pubertas lebih dulu dan terlihat berbeda dari teman-teman sebaya Anda mungkin bisa menyulitkan dan membuat minder. Namun, alih-alih melihat tubuh Anda yang berubah sebagai hal yang buruk, rangkul lekuk tubuh Anda yang baru. Ketika Anda bercermin, belajarlah untuk mencintai diri Anda yang baru.

 

Bicara dengan Orang Dewasa

Hal yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi masa pubertas adalah memberi tahu orang dewasa yang Anda percaya. Misalnya, ibu Anda, bibi, atau perawat di sekolah Anda. Anda bisa curhat tentang apa yang mengganggu Anda. Anda juga bisa bercerita dengan teman Anda yang sudah melalui masa pubertas tentang kekhawatiran-kekhawatiran Anda.

 

Belajar Adaptasi

Jika Anda kebingungan menghadapi masa pubertas, misalnya bingung dengan cara memakai tampon atau pembalut, mintalah ibu Anda untuk menunjukkan caranya. Berlatihlah beberapa kali, sehingga Anda akan tahu apa yang diharapkan. Selalu simpan beberapa pembalut atau tampon di rumah dan di loker Anda di sekolah, untuk berjaga-jaga jika menstruasi mengejutkan Anda.

 

Memilih Pergaulan

Di masa pubertas, Anda mungkin tergoda untuk bergaul dengan orang yang lebih tua, tetapi itu tidak selalu yang terbaik untuk Anda. Tetaplah bergaul dengan orang-orang seusia Anda.

 

Persiapkan Bra yang Tepat

Bagi remaja perempuan, saat payudara Anda tumbuh, Anda akan membutuhkan bra, terutama jika Anda berolahraga. Jadi, Anda perlu mempersiapkan bra pertama Anda dengan ibu Anda atau perempuan lain yang Anda percaya. Pastikan ukurannya tepat dan mintalah bantuan seorang perempuan yang bekerja di toko agar dapat membantu Anda menemukan bra yang tepat.

 

Bicaralah dengan Dokter

Anda belum harus menemui dokter kandungan, tetapi Anda harus mengunjungi dokter yang dapat Anda ajak bicara tentang perubahan tubuh Anda.

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut