get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Rekomendasi Makanan yang Bisa Mencegah Sembelit atau Susah BAB

Selasa, 22 Maret 2022 | 12:31 WIB
header img
Pilihan makanan yang bisa mencegah sulit buang air besar (BAB).(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Buang air besar atau BAB memang seharusnya harus rutin setiap hari. Tapi, kadang kadang sebagian dari kita pernah mengalami masalah pencernaan yang membuat merasakan sembelit atau susah BAB.

Biasanya, masalah sembelit atau susah BAB itu disebabkan oleh pola makan atau asupan makanan sehat yang masuk kedalam tubuh tidak sehat, sehingga mengganggu pencernaan.

Salah solusi untuk mengatasi masalah sembelit atau sulit BAB adalah dengan minum obat. Tetapi, hal tersebut bukanlah solusi utamanya, yang terbaik adalah anda harus mengubah atau memperbaiki asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 

Melansir dari Medical News Today, berikut ini ada 5 makanan yang bisa mencegah sembelit dan susah BAB : 

1. Yoghurt dan Kefir

Banyak produk susu, termasuk yoghurt dan kefir, mengandung mikroorganisme yang disebut probiotik. Probiotik sering disebut bakteri baik, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan kotoran.

Para peneliti menemukan bahwa makan 180 ml yogurt probiotik setiap pagi selama 2 minggu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk buang air besar pada orang dengan sembelit kronis.

 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah nutrisi yang membantu pencernaan dan mengurangi sembelit. Sepeti contoh buncis, dan kacang polong. Setiap 100 gram porsi kacang-kacangan juga mengandung sejumlah besar nutrisi lain yang membantu meringankan sembelit, seperti kalium, folat, seng, dan vitamin B6.

3. Sup Bening

Sup bening bergizi dan mudah dicerna. Itu juga menambah kelembapan pada tinja yang keras dan padat, yang dapat melembutkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Cairan dan makanan hangat juga umumnya lebih mudah dicerna. Terbanding bubur yang hanya berisikan karbohidrat, sup bening bisa divariasikan dengan sayuran yang Anda suka.

 

4. Prune

Prune adalah buah plum kering yang dikenal sebagai pengobatan rumahan yang telah teruji untuk mengatasi sembelit. Prune mengandung banyak serat, nutrisi yang dikenal dapat melancarkan dan mempercepat buang air besar. Prune juga mengandung sorbitol dan senyawa fenolik yang mungkin memiliki manfaat pencernaan.

 

5. Brokoli

Selanjutnya ada sayuran brokoli yang mengandung sulforaphane, itu zat dapat melindungi usus dan melancarkan pencernaan. Sulforaphane juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebih beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat.

Brokoli juga ternyata dapat diberikan pada bayi berusia 6 bulan, yang sudah dapat makanan pendamping ASI (MPASI). Brokoli bagus untuk pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut