get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Dokter Hewan Sebut Virus Lumpy Skin Pada Sapi Tak Menular ke Manusia

Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:47 WIB
header img
Virus Lumpy Skin pada sapi tidak menular ke manusia.(Sumber/khmertimeskh)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Kementerian Kesehatan belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai penyakit lumpy skin pada sapi dan kerbau yang ditemukan di Sumatera. Di sisi lain, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) memastikan akan mengerahkan dokter hewan hingga paramedik untuk menangani kasus tersebut.

Banyak masyarakat khawatir dengan temuan kasus lumpy skin ini. Terlebih sebentar lagi akan memasuki momen Ramadhan yang mana banyak orang mengonsumsi daging sapi.

Lebih lanjut, ketakutan orang-orang atas penemuan kasus ini adalah penyakit bisa menyebar ke manusia. Tapi, apakah lumpy skin menyebar ke manusia?

Dijelaskan Dokter Hewan drh Aisyah Purnomosari, lumpy skin disease (LSD) itu tidak menular dari hewan ternak ke manusia. Artinya, penyakit ini bukan tergolong 'zoonosis'.

"LSD bukan penyakit zoonosis, artinya penyakit ini tidak menular ke manusia," terangnya pada MNC Portal, baru-baru ini. 

Menurut data World Organisation for Animal Health (OIE) yang dibagikan drh Ais, penularan penyakit ini terjadi karena beberapa cara. Pada kebanyakan kasus, sapi atau kerbau terinfeksi LSD akibat tertular virus dari gigitan nyamuk, lalat, atau caplak yang berperan sebagai vektor penyakit LSD.

LSD juga terjadi apabila dalam satu tempat ada hewan yang terpapar Lumpy Skin Disease Virus (LSDV), virus penyebab LSD. Karena itu, jika ada satu hewan ternak yang terpapar, harus segera dipisahkan untuk meminimalisir penyebaran virus ke hewan lain.

"Kami juga menyarankan bagi pemilik hewan ternak, jika ada hewan ternaknya yang menunjukkan gejala LSD, maka ternak itu tidak boleh dijual, dipindahkan, atau pun dipotong," saran drh Ais.

"Segera dilaporkan ke petugas pelayanan kesehatan hewan untuk dilakukan pengamatan lebih lanjut dan pengobatan," tambahnya.

Gejala LSD pada hewan sendiri antara lain munculnya lesi kulit berupa nodul berukuran 1-7 cm yang biasanya ditemukan pada daerah leher, kepala, kaki, ekor, dan ambing. Pada kasus berat, nodul atau benjolan yang muncul ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh hewan ternak.

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut