get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Ada Benjolan di Payudara, Tak Perlu Panik, Berikut Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Jum'at, 04 Maret 2022 | 17:29 WIB
header img
Ciri ciri seseorang menderita penyakit kanker payudara.(Sumber/Foto/iNews/Istimewa)

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Kanker payudara masih jadi salah satu penyakit yang cukup bahaya jika diatasi sejak dini. Ada ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali serta wajib diketahui oleh masyarakat. Mengenali ciri-ciri kanker payudara secara dini bisa menjadi langkah awal untuk perawatan dan pengobatan yang lebih cepat. 

Sebagian perempuan mungkin rajin melakukan pemeriksaan sendiri atau pemeriksaan bulanan ke dokter. Tapi tak sedikit juga perempuan justri tidak tahu ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali.

Gejala awal secara fisik yang cukup mudah dikenali dan sudah ditinjau secara medis oleh Dr Teresa Hagan Thomas PHD, BA, RN.  Melansir dari Healthline, ciri-ciri kanker payudara dilihat dari perubahan bentuk pada puting, nyeri payudara yang tidak hilang, benjolan baru yang tidak kunjung hilang setelah haid berikutnya, keluar cairan dari puting berwarna bening, merah, coklat, atau kekuningan. 

Selain itu bisa juga timbul kemerahan, bengkak, iritasi kulit, gatal, atau ruam pada payudara, ada pembengkakan atau benjolan di sekitar tulang selangka atau di bawah lengan, hingga muncul benjolan keras dengan tepi yang tidak beraturan.

Sederet ciri-ciri di atas merupakan gejala awal kanker payudara yang relatif mudah dikenali, karena bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Setelah mengalami gejala awal, kanker payudara diketahui juga bisa terdeteksi melalui kemunculan ciri-ciri selanjutnya yang lebih spesifik.iNews Blitar

 

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut