get app
inews
Aa Read Next : Inilah Tips Sederhana Mencegah HIV/AIDS

Kabar Duka, Ilmuwan Penemu HIV/Aids Tutup Usia

Minggu, 13 Februari 2022 | 08:48 WIB
header img
Ahli virus Prancis Luc Montagnier yang merupakan penemu HIV/Aids meninggal dunia (Sumber/sindonews.com)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Kabar duka kali datang dari seorang ilmuwan dari Prancis. Dia adalah Ahli virus Prancis Luc Montagnier, ilmuwan tersebut dikabarkan telah meninggal dunia.

Ahli virus Prancis Luc Montagnier merupakan penemu virus HIV/Aids. Kabar meninggalnya ilmuwan ini telah dikonfirmasi oleh otoritas Prancis. 

Sebagaimana diketahui, ilmuwan penemu virus HIV/Aids ini mengunggah dunia pada usia 89 tahun. Hal ini dikutip dari Unilad, pada Jum'at 11 Februari 2022.

Selama hidupnya, Montagnier memimpin tim ilmuwan yang mengidentifikasi virus HIV sebagai penyebab utama AIDS pada tahun 1983. Dia juga memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang kedokteran yang dia menangkan pada tahun 2008 dengan rekan ilmuwannya, Francoise Barre-Sinoussi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Tinggi dan Penelitian Prancis Frederique Vidal menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Montagnier dan memuji penelitiannya tentang HIV.

Montagnier lahir pada tahun 1932 di Chabris dan dididik dalam kedokteran di Poitiers serta Paris. Ia kemudian bergabung dengan Pusat Penelitian Ilmiah Nasional (CNRS) pada tahun 1960 dan diangkat menjadi kepala Departemen Virologi di Institut Pasteur pada tahun 1972.

Pada tahun 1983, mendiang Barre-Sinoussi memimpin tim di Institut Pasteur yang menemukan virus HIV dan kemudian menjelaskan bagaimana virus itu menjadi penyebab AIDS.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut