get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Begini Cara Menghindari Rem Blong Saat di Jalan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:30 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan yang melibatkan truk tronton menghantam sejumlah kendaraan karena rem blong di persimpangan Muara Rapak, Kota Balikpapan, pada Jumat pagi (21/1/2022) tengah menjadi perbincangan. Sering kali kejadian serupa terjadi karena sebab yang sama. Paling tidak ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk menghindari rem blong saat dijalan seperti kutip okezone.com

 

Buku Saku Peringatan Awas Rem Blong yang diterbitkan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Wonosobo menyebutkan, ketika truk atau bus memasuki jalanan menurun sebaiknya tidak hanya menggunakan rem utama atau rem kaki.

 

Jika hanya mengandalkan pengereman dengan pedal rem, tetapi putaran mesin tinggi maka yang akan terjadi adalah rem utama bekerja maksimal dan potensi kampas mengalami panas berlebih sangat tinggi. Untuk menghindari truk rem blong di jalanan menurun, berikut tiga hal yang perlu dilakukan:

1. Kurangi kecepatan 10-15 km/jam saat jalan datar dengan menggunakan rem utama. Kondisi ini tidak akan membuat rem panas.

2. Gigi rendah pada torsi maksimal @2500 sesaat sebelum turunan.

3. Gunakan semua rem yang ada untuk perlambat kendaraan saat memasuki turunan.

 

Itulah sedikit cara yang bisa dilakukan para driver, selain harus selalu melakukan check kondisi kendaraan sebelum berangkat. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut