get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kapal Tenggelam di Johor Malaysia, Diduga Bawa WNI, 5 Tewas 1 Hilang

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:39 WIB
header img
Kapal di Johor Baru Malaysia Tenggelam, 5 Tewas 1 Hilang. Diduga Angkut WNI

 

JAKARTA, iNews.id - Lima orang Tewas dan satu hilang saat kapal kecelakaan di Perairan Johor Baru, Malaysia, Kamis (20/01/2022). Diduga kapal ini menangkut warga negara Indonesia (WNI).

 

Kapal ini karam di perairan Pengerang saat menuju Malaysia. “Telah terjadi dua kali kecelakaan kapal dalam tiga Hari terakhir,” ungkap Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha.

 

Judha menjelaskan, dua kecelakaan kapal di wilayah Johor Bahru pada 18 Januari lalu dan hari ini. Kapal ini diduga berpenumpang WNI. Diketahui, kapal tersebut membawa 27 orang yang diduga WNI. Sebanyak 19 orang selamat dalam kecelakaan tersebut.

 

"Ditemukan lima jenazah dan satu hilang,” ujarnya.

 

Satgas KJRI Johor Bahru telah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan instansi terkait untuk repatriasi jenazah ke Indonesia. Sementara itu, untuk penanganan korban yang selamat, KJRI di Johor Bahru berkoordinasi dengan jabatan Imigrasi Malaysia (JIM) Negeri Johor yang ditindaklanjuti dengan melakukan verifikasi dan pendataan para korban.  

 

“Upaya yang dilakukan KJRI adalah mendatangi lokasi TKP. Tim perlindungan warga negara Indonesia sudah ada di lokasi berkoordinasi dengan otoritas setempat baik imigrasi, Malaysian coast guard, dan juga pihak rumah sakit. 

 

Selanjutnya KJRI nanti akan membantu proses repatriasi jenazah sesuai dengan permintaan keluarga,” ucapnya. 

 

“Untuk korban selamat kami akan melakukan pendampingan maupun proses penyidikan maupun hukum lebih lanjut,” tuturnya. 

 

Sebelumnya pada Selasa (18/1/2022) kejadian kapal terbalik juga terjadi di perairan Johor, Malaysia. Kapal itu diketahui membawa TKI ilegal dari Batam. Sebanyak enam jenazah ditemukan dalam insiden tersebut. Sedangkan sebulan sebelumnya kejadian serupa juga terjadi yang menewaskan 21 WNI. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut