get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Hingga 80 Nama Usulan Ibu Kota Negara Baru! dari Negara Jaya Hingga Kertanegara

Senin, 17 Januari 2022 | 22:44 WIB
header img
ilustrasi Ibukota Negara Baru - Nusantara. (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo telah resmi memilih nama untuk Daerah Ibu Kota Negara (IKN) yang baru dengan nama Nusantara. Keterangan tersebut diungkapkan oleh Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) dan atau Kepala Bappenas.

Suharso mengatakan, "Yang pertama, tadi kami sudah konsultasi dengan ahli bahasa. Karena Pasal 1 ayat 1 itu berbunyi ibu kota negara adalah ibu kota NKRI, maka selanjutnya yang ayat 2 untuk menghindari pengulangan,” dalam Rapat Pansus RUU IKN yang digelar pada Senin 17 Januari 2022 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, usulan mengenai nama Ibu Kota Negara yang baru ini memiliki banyak suara. Bahkan, dalam keteranganya mencapai 80 ide nama Ibu Kota Negara yang baru. “Ada sekitar 80-an lebih tetapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara tanpa kata jaya,” tutur Suharso.

“Sebenernya nama yang kami ajukan pada bapak presiden cukup banyak sekali, termasuk kami panggil para ahli bahasa, ahli sejarah. Kemudian mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami, para pakar itu, untuk memilih kata-kata yang paling tepat,” ujarnya.

“Maka karena kemudian sudah disebut namanya, ada dua alternatif: “Ibu kota negara yg bernama Nusantara adalah atuan pemerintah daerah yang bersifat khusus” jadi yang selanjutnya disebut IKN itu dihilangkan, menurut ahli bahasa menjadi Ibu Kota Negara yang bernama Nusantara adalah satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi,” tuturnya lagi.

Namun, Suharso belum mau mengungkapkan lebih rinci mengenai IKN baru itu sampai waktu skorsing dan sebetulnya ada sejumlah nama yang diusulkan Kemen PPN kepada Jokowi. Penjelasan itu baru akan dia ungkap dalam rapat setelah skorsing bersama dengan ahli bahasa, ahli sejarah dan para pakar.

Ketua Umum PPP ini menjelaskan, karena pentingnya nama daerah ini nantinya, maka banyak juga usulan nama yang diajukan. Misalnya Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusajaya, Pertiwipura, Waanapura, Cakrawalapura, Kertanegara. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut