get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kanal YouTube Suara Rakyat Sebut Gunung Kelud Siaga 1, Cek Faktanya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:20 WIB
header img
Kanal YouTube Suara Rakyat menyebutkan Gunung Kelud Berstatus Siaga 1

BLITAR, iNews.id- Sebuah kanal YouTube Suara Rakyat Akhir-akhir ini membuat heboh warga yang berada di lereng Gunung Kelud, baik Blitar dan Kediri. Kanal YouTube ini menyebut bahwa Gunung Kelud berstatus siaga 1.

 

"Waspada Gunung Kelud Siaga 1, Warga Tetap untuk Waspada Kemungkinan akan Terjadi Letusan Kecil" diunggah oleh kanal YouTube Suara Rakyat, Sabtu (15/02/2022). 

 

Video berdurasi 3,08 menit ini mengatakan bahwa aktivitas Gunung Kelud mengalami peningkatan. Bahkan dalam kanal ini juga menyebut bahwa Gunung Kelud akan erupsi pada 2022.

 

Dalam kanal YouTube Suara Rakyat menyebutkan, bahwa informasi dari mantan Kepala Kesbangpol-Linmas Kota Blitar Didik Hariyadi sebagai narasumber.

 

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar Toto Robandriyo saat dikonfirmasi terkait video ini menegaskan bahwa informasi yang disampaikan Kanal YouTube itu tidak benar. 

 

Toto menegaskan, bahwa Bakesbangpol Kota Blitar tidak pernah mengeluarkan statemen atau informasi soal naiknya status Gunung Kelud. Bahkan, Toto memastikan, informasi tentang kenaikan level kewaspadaan Gunung Kelud yang disampaikan Kanal YouTube tersebut hoaks.

 

"Kami terus mendapatkan update resmi terkait status Gunung Kelud dan sampai detik ini status Gunung Kelud masih normal aktif atau level satu," ujar Toto, Senin (17/1/2022).

 

Sementara berdasarkan informasi yang diterima dadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Gunung Kelud hingga saat ini masih berstatus normal bukan Level 1. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut