get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Drone IMI tanpa Awak, Petakan Wilayah Terdampak Gunung Semeru

Jum'at, 14 Januari 2022 | 08:19 WIB
header img
Drone IMI (iNews.id)

LUMAJANG, iNews.id - Ikatan Motor Indonesia (IMI) membantu Polri dan stakeholder lainnya dalam memetakan wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Pemetaan menggunakan drone tanpa pilot e-Hang 216. 

 

 

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, drone tanpa pilot yang merupakan official aircraft IMI. Untuk pemetaan ini, drone e-Hang 216 telah dioperasikan.

 

Drone ini akan memotret wilayah yang terdampak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. "Penggunaan drone tanpa awak menjadi terobosan baru dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Sangat membantu dalam membuat analisis dampak bencana. Analisis dapat dengan cepat dan mudah dilakukan setelah foto atau video udara dihasilkan dari lokasi bencana untuk membantu pengambil kebijakan melakukan sebuah keputusan cepat," jelas Bamsoet.

 

Kepala Badan Bela Negara FKPPI menerangkan, erupsi Gunung Semeru pada awal Desember 2021 lalu telah menyisakan dampak korban jiwa, kerusakan fisik maupun pengungsian.

 

Berdasarkan data Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Erupsi Gunung Semeru per 21 Desember 2021, mencatat total warga yang meninggal dunia akibat erupsi mencapai 51 jiwa. Sementara pengungsi mencapai 10.395 jiwa, yang tersebar di 410 titik pengungsian. Pengungsian terkonsentrasi di 3 kecamatan, yaitu Pasirian 17 titik dengan 1.746 jiwa, Candipuro 21 titik 4.645 jiwa dan Pronojiwo 8 titik 1.077 jiwa.

 

"Apresiasi perlu diberikan kepada BNPB dan berbagai pihak lainnya yang terus bergerak cepat menanggulangi dampak erupsi Gunung Semeru. Termasuk juga peran dari berbagai kelompok masyarakat yang hingga hari ini tidak pernah berhenti memberikan bantuan. Dengan kerja keras berbagai pihak, semoga pemulihan akibat bencana erupsi Gunung Semeru bisa berlangsung dengan cepat sehingga saudara sebangsa tidak perlu lagi mengalami kesulitan," pungkas Bamsoet.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut