get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Indonesia Darurat Inovasi, apa Solusinya?

Jum'at, 14 Januari 2022 | 06:32 WIB
header img
Dr Indrawan Nugroho

NASIONAL, iNews.id - Indonesia sedang dalam kondisi darurat inovasi, paling tidak itulah yang disampikan oleh Dr Indrawan Nugroho melalui Channel Youtubenya Dr Indrawan Nugroho. Menurut Dr Indra, ada tiga kategori sebuah negara dalam hal kemampuan berinovasi yaitu Most Innovative countries, Innovative Countries, dan Last Innovative Countries.

 

Menurut data dari Global Innovation Index, pada 2018 Indonesia menempati peringkat ke 12 dari negara-negara di Asia yang berarti masuk dalam kategori Last Innovative Countries. Di Asia Tenggara sendiri, Indonesia menempati urutan 14 dari 17 negara-negara di Southeast Asia. Sedangkan di Dunia, Indonesia selama tiga tahun berturut-turut mulai 2018 menempati urutan ke 85 dunia.

 

 

Masih menurut Dr Indra, lemahnya inovasi Indonesia berdampak pada kemampuan Indonesia dalam berkompetisi dengan negara-negara Lain.

 

 

Menurut data dari Global Competitiveness Index, pada Tahun 2018 Indonesia menempati urutan ke 45 dunia dalam hal kemampuan berkompetisi dengan negara lain dan di Tahun 2019 rangking tersebut turun menjadi urutan ke 50.

 

 

Sebenarnya, Indonesia punya kelebihan dalam Market Sophistication yang berarti kita sudah bagus dan kuat menjadi pasar. Sayangnya kemampuan tersebut tidak berbanding lurus dengan Business Sophisticatoin yang diartikan, para pelaku bisnis di Indonesia kurang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pasar yang sudah siap tadi. Dan kondisi ini memberikan peluang bagi negara-negara lain untuk masuk ke pasar Indonesia.

 

 

Bagaimanapun, ini adalah fakta yang harus kita hadapi saat ini, dan menjadi tugas bersama seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membuat Indonesia lebih baik lagi, saling tuding dan menyalahkan pihak lain tidak akan membuat Indonesia menjadi lebih baik.

 

 

Setiap warga negara Indonesia bisa berperan aktif untuk berinovasi di dunianya masing-masing. Bagi guru bisa memulai berinovasi di dunia pendidikan, petani dalam dunia pertanian, Ormas, Pemerintah, dan banyak elemen masyarakat bisa ikut memberikan sumbangsihnya.

 

 

Mungkin, kita tidak bisa merasakan apa yang sudah kita lakukan hari ini, tp kita harus yakin bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan hari ini akan memberikan manfaat bagi generasi-generasi penerus nanti. iNews Blitar

 

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut