get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Agro Belimbing Karangsari Raih Penghargaan Daya Tarik Wisata Buatan Terbaik dalam EJTA 2022

Minggu, 11 Desember 2022 | 09:37 WIB
header img
Agro Belimbing Karangsari raih penghargaan DTW terbaik 2022 dalam Ajang East Java Tourism Award 2022. (Foto: instagram)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Agro Belimbing Karangsari kembali mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata buatan. Penghargaan tersebut diberikan oleh East Java Tourist Award 2022 dalam kategori Daya Tarik Wisata (DTW) Buatan terbaik 2022.

Event penghargaan bagi pelaku kelompok wisata terbaik di Jawa Timur ini digelar pada Sabtu (10/12/2022) di Kota Batu, tepatnya The Singhasari Resort. Setidaknya ada 11 kategori penghargaan yang diberikan bagi pelaku wisata Jawa Timur.

Penghargaan tersebut terdiri dari Penghargaan Festival Makanan Khas Jawa Timur, Penghargaan Video Profil Kuliner Terbaik, Penghargaan Festival Dalang Terbaik, dan Penghargaan Warisan Budaya Takbenda (WBTB).

Selain itu, ada juga Penghargaan Daya Tarik Wisata Alam, Budaya dan Buatan, Lomba Video Profil Desa Wisata dan Lomba Film Pendek Pesona Wisata Jawa Timur. 

Kemudian Penghargaan Bisnis Pariwisata untuk kategori Hotel Non Bintang, kategori Pondok Wisata/Homestay, kategori Bisnis Rumah Makan dan kategori Rumah Makan.

Menurut M. Budi Rochani, Adyatama kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, menjelaskan jika yang menjadi aspek penting dalam keberhasilan Agro Belimbing Karangsari menyabet penghargaan kategori DTW Buatan terbaik 2022 karena adanya kolaborasi yang baik antara Pokmas serta OPD terkait dalam pengamanan. Selain itu, pelayanan yang diberikan pengelola dapat terus meningkatkan pengunjung yang datang, serta adanya wisata kuliner yang mengolah semua hasil belimbing sehingga mampu meningkatkan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat yang juga memiliki point penting dalam penilaian EJTA 2022.

''Ada banyak aspek penilaian yang dilakukan ketiga juri EJTA 2022 ini, tapi ada beberapa point yang akhirnya menunjang Agro Belimbing Karangsari mendapatkan penghargaan di bidang DTW terbaik 2022, diantaranya pelayanan yang baik, kolaborasi antara Pokmas dan OPD terkait, serta adanya dukungan wisata kuliner dari masyarakat sekitar yang sebelumnya telah diberdayakan,'' terang Budi. 

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Edy Wasono yang juga turut hadir dalam event EJTA 2022 di Kota Batu memberikan apresiasi terhadap Agro Belimbing Karangsari Kota Blitar. Pihaknya berharap penghargaan tersebut dapat dipertahankan, serta kedepannya dapat memiliki dampak ekonomi sosial yang baik dan juga dapat memberdayakan masyarakat lebih luas.

''Tentunya kami sangat mengapresiasi atas penghargaan yang telah diraih Agro Belimbing Karangsari tersebut, atas kerja keras dan kolaborasi yang baik dapat mengantarkan Agro Belimbing Karangsari mendapatkan penghargaan kategori DTW terbaik 2022. Selain itu, kami terus berpesan agar pengelola dan OPD terkait dapat terus mengembangkan inovasi dan juga meningkatkan pemberdayaan terhadap masyarakat sehingga dampak baiknya dapat terus dirasakan,'' tutup Edy Wasono. Adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut