get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Dukung Pembangunan Museum Peta, Ketua DPRD Kota Blitar Dampingi Walikota Meletakkan Batu Pertama

Jum'at, 11 November 2022 | 11:23 WIB
header img
dr. Syahrul Alim bersama Walikota Blitar (foto: instagram)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Kota Blitar memiliki sejarah panjang terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia, hal tersebut juga yang menjadikan banyaknya peninggalan tokoh kemerdekaan yang masih ada hingga saat ini. Selain berbagai sejarah tentang Presiden pertama RI, Kota Blitar juga tidak lepas dari perjuangan Peta.

Selain menjaga dan merawat dan menjaga peninggalan sejarah yang sudah ada, Pemerintah Kota Blitar juga tengah membangun Museum Peta yang akan menambah deretan arsip sejarah nantinya. Tepat pada hari Pahlawan 10 November 2022 Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim dampingi Walikota Blitar Santoso yang secara simbolis meletakan batu pertama di landasan pesawat calon Museum Peta Kota Blitar.

Selain sudah memiliki koleksi dua mobil Tank yang sudah terpasang di Museum Peta, Pemerintah akan terus menambah koleksi yang berkaitan dengan sejarah. Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim juga mengungkapkan jika Museum Peta saat ini baru saja mendapatkan tambahan koleksi berupa pesawat tempur jenis F-86 Sabre dari TNI AU.

‘’Saat ini museum Peta sudah terdapat dua kendaraan Tank dan Alhamdulillah sekarang pemerintah juga memberikan bantuan berupa pesawat pesawat. Karena itulah, setelah melakukan upacara memperingati Hari Pahlawan, kita secara simbolis melakukan peletakan  batu pertama landasan pesawat di Museum Peta,’’ terang dr. Syahrul kepada media pada Jum’at (11/11/2022).

DPRD Kota Blitar juga berharap jika kedepannya pemuda Kota Blitar dapat memanfaatkan museum tersebut sebagai ruang kreatif yang dapat memunculkan berbagai ide yang dapat di aplikasikan pada Museum Peta Kota Blitar. Selain itu, pihaknya juga terbuka secara ide dan gagasan dari masyarakat terkait pembangunan museum kedepannya.

‘’Bagi pemuda Kota Blitar yang memiliki kegiatan dan perlu memanfaatkan lokasi pada museum Peta juga kami persilahkan. Selain itu, juga jika ada usulan untuk Museum Peta kedepannya seperti apa juga kami persilahkan,” imbuh Ketua DPRD Kota Blitar tersebut.

Selain memiliki manfaat bagi masyarakat Kota Blitar, pihaknya juga berharap Museum Peta Blitar bisa menjadi tambahan destinasi wisata yang ada di Kota Blitar. Bagi para wisatawan tentunya ini akan menjadi wisata yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme.

‘’Nantinya, ketika Museum Peta ini sudah jadi tentunya akan bisa menjadi sarana pembelajaran sejarah bagi pelajar. Bahkan tempat ini juga akan menjadi tempat pembelajaran bagi wisatawan serta generasi yang akan datang,” tutup dr. Syahrul. adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut