get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Akibat Serangan Rudal dan Drone dari Rusia, Presiden Zelensky sebut 10.000 Warga Hidup tanpa Listrik

Kamis, 17 November 2022 | 23:46 WIB
header img
Akibat serangan rudal dan drone Rusia, beberapa kota di Rusia tanpa listrik (Foto/REUTERS/Nir Elias)

KIEV, iNewsBlitar.id - Perang Ukraina Rusia masih terjadi hingga hari ini. Bahkan, Tentara Moskow kini tengah menargetkan infrastruktur energi Ukraine dalam beberapa pekan terakhir.

Dampak dari serangan rudal dan drone yang dilayangkan Rusia terhafdap ukraina menyebabkan dampak cukup besar. Salah satu yang disebutkan Presiden Ukraina adanya hingga 10 juta masyarakat Ukraine harus hidup tanpa listrik.

“Sekitar sepuluh juta orang Ukraina hidup tanpa listrik saat ini,” ucap Presiden Zelensky dalam pidato video di Telegram pada Rabu (16/11/2022).

Beberapa kota yang terdampak diantaranya, Kiev, Kharkov, Zhytomyr, dan Lviv. Keempat Kota tersebut merupakan kota paling terdampak dari serangan yang dilayangkan Rusia.

Mantan aktor ini juga menyebut masalah koneksi internet dan komunikasi di seluruh negeri juga terganggu akibat retetan serangan rudal dan drone Rusia.

Zelensky mengklaim akibat serangan ini, beberapa unit nuklir telah dimatikan secara otomatis di dua pembangkit listrik tenaga nuklir. “Musuh tahu apa yang dia lakukan,” ujar dia. 

Untuk diketahui, Ukraina telah mengalami pemadaman listrik sejak Moskow melancarkan serangan terhadap infrastruktur energinya pada 10 Oktober. Serangan ini sebagai balasan atas peledakan Jembatan Crimea yang dilakukan oleh Ukraina. 

Menurut pihak berwenang Ukraina, rentetan serangan Rusia telah menghancurkan atau merusak hingga 40 persen infrastruktur energi negara tersebut.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut