get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Dharma Bhakti Seni, Seniman Seniwati Blitar Raya Gelar Pertunjukan Spektakular

Minggu, 13 November 2022 | 20:23 WIB
header img
Seniman Seniwati Blitar

BLITAR, iNewsBlitar.id - Setelah dua tahun lebih acara hiburan vakum dikarenakan pandemi, kini Seniman dan Seniwati Blitar Raya Menggelar Dharma Bhakti Seni. Desa Srengat dimanjakan berbagai jenis hiburan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan Nasional yang di selenggarakan di Desa Togogan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar berlangsung sangat meriah, pada Sabtu (12/11/2022) di Pendapa Ageng Hand Asta Sih Togogan Srengat Blitar berlangsung Pagelaran yang terselenggara spektakuler. Dipadati ratusan penonton dari berbagai daerah, terutama wilayah Srengat dan sekitarnya.


Menghadirkan 6 Dalang Kondang dan 3 Dalang Muda ,Seperti Ki Rudi Gareng, Ki H. Sukron Suwondo, Ki Bagong, Ki Redi, Ki Wandono, Ki Bambang Tri Bawono, 3 dalang muda yaitu, Ki Dimas, Ki Marem, Ki Cathur Rama. Berjibun penonton yang sebagian besar merupakan warga desa Togogan memadati pagelaran wayang kulit dengan tertib duduk-duduk berjajar di depan panggung menampakkan suasana kerukunan dan kekompakan di desa Srengat ini terjalin kuat.

Selain pewayangan, menampilkan 2 Grup Jaranan, 11 Sanggar Tari, Tembang Mocopat, Campursari, Konser 50 Pengrawit dan 36 Waranggono, dan pastinya yang paling spectacular yaitu pagelaran wayang kulit 3 dimensi.

Turut hadir dalam acara ini selain dari Forkopimcam Srengat, juga Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi beserta jajaran anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dan Ketua DPRD Kota Blitar Syahrul Alim.

Dalam kesempatan ini, disela sela menikmati pertunjukan wayang kulit ketika ditanya awak media mengenai acara pada malam ini, Ketua Persintar Perkumpulan Sinden Blitar Imas Setiyorini mengatakan " Setelah dua tahun lebih acara hiburan vakum dikarenakan pandemi, kini Seniman dan Seniwati Blitar Raya Menggelar Dharma Bhakti Seni atau kata lain Sodakoh Seni, ini bentuk support kami karna kemarin dua tahun pandemi kami selaku pelaku budaya tidak bisa beraktivitas dan bekerja, ini bentuk support kami dengan mengadakan sodaqoh seni.

Menurut Handoko pemilik Pendopo Ageng Hand Asta Sih , mengatakan bahwa " dengan adanya acara pagelaran spektakular malam hari ini, tentunya saya sangat mendukung dan senang karena pagelaran ini juga membantu pelaku UMKM yang tadinya berjualan di pinggiran jalan yg di alih lokasikan kedalam, dan menaikkan juga pendapatan pelaku UMKM secara keseluruhan, ujar Handoko.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut