get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kisah Haru dibalik Lagu Kupu-kupu Malam Ciptaan Titiek Puspa

Jum'at, 11 November 2022 | 23:27 WIB
header img
Kupu-kupu Malam (Foto: Istimewa)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Artis senior Titiek Puspa pernah mengungkapkan secara langsung kisah tentang lagu yang diciptakannya, Kupu-kupu Malam. Ia menceritakan jika kisah itulah yang menginspirasinya untuk menciptakan lagu Kupu-kupu Malam.

Lagu tersebut pertama kali dirilis pada 1991, dan mendapat sambutan luar biasa dari pendengar musik tanah air. Begitu populernya lagu tersebut, lagu tersebut kembali dibawakan ulang oleh grup band Peterpan di tahun 2008.


Meskipun memiliki judul yang sensitif, lagu ini memang menceritakan anggapan masyarakat dan kehidupan seorang pekerja seks komersial (PSK). Dibalik itu, lagu tersebut ternyata menceritakan kisah yang mengharukan.

Lantas, seperti apa kisahnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kisah nyata di balik lagu Kupu-kupu Malam
Dalam sebuah kesempatan, Titiek Puspa pernah menceritakan proses pembuatan lagu Kupu-kupu Malam yang semakin melejitkan namanya pada tahun 90-an. 

Lagu itu ternyata diambil dari kisah nyata, dimana dirinya pernah ditemui oleh seorang pekerja seks komersial.

Pertemuan Titiek Puspa dengan wanita tersebut terjadi ketika ia sedang berada di belakang panggung saat menggelar konser. 

Pada saat itu, Titiek Puspa sempat terkejut karena wanita itutiba-tiba mengajukan pertanyaan yang membuatnya merasa bingung.

"Tante Titiek, bolehkan saya bicara? Tante Titiek kok mencari uang dihormati, saya tidak," ucap Titiek Puspa menirukan perkataan wanita yang mendatanginya itu, seperti dikutip iNews.id dari Okezone.com, Kamis (10/11/2022).

Titiek Puspa pun langsung bertanya pekerjaan yang dilakoni wanita itu, sehingga bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepadanya. Dari situlah diketahui bahwa wanita itu adalah seorang pekerja seks komersial.

Bukan tanpa alasan, wanita itu memilih pekerjaan haram tersebut demi bisa menghidupi ketiga anaknya. Ia terpaksa menjalani hari-harinya sebagai ‘kupu-kupu malam’ setelah ditinggal mati oleh sang suami.

"Saya adalah kupu-kupu malam. Ditinggal suami. Saya sejak kecil saya adalah anak yang dimanja keluarga. Jadi (sekarang) ketika anak saya butuh makan, saya jual cincin, sampe habis, terus hutang," sambung Titiek Puspa.

Titiek Puspa lalu merasa tersentuh dan meminta agar wanita itu segera meninggalkan pekerjaannya. Artis senior berusia 85 tahun itu meyakinkan wanita yang mendatanginya bahwa rezeki akan datang tanpa harus menjadi seorang pekerja seks komersial.

Kemudian, wanita tersebut diajak oleh Titiek Puspa untuk berdoa dan memohon ampun kepada Tuhan sesuai agama masing-masing. Wanita itu pun menuruti perkataan Titiek Puspa dengan segera.

"Kami berdoa, dia dengan caranya, Kristen, saya secara Islam. Cukup lama, kami saling nangis," kata Titiek Puspa.

"Terus saya katakan 'sekarang keluar, jangan lagi ke kiri, ke kanan terus.' Begitu dia keluar, aku nulis, nulis lagu ini," jelasnya. 

Setelah beberapa tahun, Titiek Puspa tak sengaja bertemu dengan wanita itu. Pasca meninggalkan pekerjaannya sebagai kupu-kupu malam, hidup wanita tersebut langsung berubah drastis.

"Tante Titiek, aku sudah nikah' kemudian menunjukan suaminya, seorang yang terhormat," pungkasnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut