get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Pandangan Fraksi PDIP DPRD Kab. Blitar terhadap Jawaban Rancangan Nota Keuangan Bupati

Minggu, 04 Desember 2022 | 11:03 WIB
header img
Pandangan umum fraksi

BLITAR, iNewsBlitar.id - Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Blitar dalam rapat paripurna pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Blitar terhadap nota keuangan APBD 2023 pada Selasa (4/10/2022) berpendapat supaya anggaran PAD tahun 2023 bisa lebih besar dari target sebelumnya dengan mengoptimalkan pos-pos baru seperti tambang galian C. Menurutnya, apabila hal ini dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan pendapatan asli daerah yang signifikan.

"Kami yakin bahwa seiring dengan perkembangan jaman, pos tersebut seharusnya terus meningkat" ujar Aryo Nugroho, juru bicara Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Blitar.

Selain itu terdapat beberapa inti poin lainnya yang disampaikan oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Blitar seperti, 

1. Pos yang kini sudah berjalan diharapkan bisa lebih efisien dan akuntabel supaya tingkat kebocoran ditekan seminial mungkin. 
Fraksi PDIP juga meyakini bahwa seiring dengan perkembangan jaman, pos tersebut seharusnya terus meningkat. Selain itu eksekutif harus berupaya lebih keras supaya memunculkan pos-pos baru sebagai sebagai sember pendapatan asli daerah.

Pembukaan objek wisata penataran yang sebelumnya telah tutup bisa dibuka kembali, atau juga stadion penataran milik Pemkab Blitar diperjelas kemanfaatannya agar keberadaan stadion yang menelan dana milyaran tersebut bisa memberikan hasil positif bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

2. Perealisasian PAD yang lebih besar dari target dengan cara mengoptimalkan pos-pos baru untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah. Bila hal tersebut dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh maka pendapatan asli daerah bisa meningkat dengan signifikan

3. Melakukan evaluasi terhadap penerimaan pos-pos secara rutin sehingga bisa diketahui apakah pemasukan yang diterima masih realiatis atau justru perlu ditingkatkan nilainya.

4. Menegaskan kembali kepada PUPR terkait percepatan penyerapan anggaran yang tersedia. Dinas PUPR harus lebih proaktif.

5. Memaksimalkan sektor Pajak Bumi dan Bangunan. Selama ini banyak pemungutan terhadap pajak bangunan saja, terutama bangunan baru.

6. Melakukan inventarisasi terhadap aset yang dimiliki Pemerintah daerah. 

7. Diterbitkannya sertifikat tanah hak milik di desa.

8. Peningkatan inflasi yang disebabkan berbagai faktor baik dari dalam maupun luar negeri, pemerintah sebaiknya melakukan antisipasi seperti memberikan penguatan ekonomi di bidang pertanian  dan peternakan. Nilai anggaran dalam sektor ini seharusnya ditambah atau sama dengan tahun kemarin. 

Itulah pandangan Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Blitar terhadap jawaban nota keuangan Bupati tahun anggaran 2023. adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut