get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Phihong, Perusahaan Asal Taiwan yang Mengklaim Telah Mengembangkan Teknologi Pengisian Daya Tercepat

Minggu, 09 Oktober 2022 | 23:59 WIB
header img
Prototype Pengisian Daya Kendaraan Listrik Tercepat

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Inovasi mobil listrik masih ramai diperbincangkan publik. Hal tersebut disinyalir dapat menjadi solusi dari menipisnya bahan bakar fosil.

Meskipun sudah mulai diproduksi masal, namun beberapa pengguna kendaraan bahan bakar minyak masih banyak yang belum mau beralih pada kendaraan tenaga listrik. Faktor yang paling mempengaruhi adalah sulitnya mencari pengisian daya ditempat umum serta waktu pengisian yang dianggap kurang efisien.

Meskipun demikian, perusahaan teknologi Taiwan bernama Phihong mengklaim industrinya telah menemukan solusi pengisian baterai kendaraan listrik lebih cepat. Teknologibini dikembangkan melalui anak perusahaan Phihong, Zerova Technologies.

Teknologi bernama Four Gun Charger tersebut telah diuji pada empat kendaraan sekaligus. Prototipe pengisi daya EV ini dapat mengisi baterai penuh hanya dalam waktu 10 menit, dengan output daya hingga 480 kW.

Dikutip dari Autoevolution, Minggu (10/9/2022), Four Gun Charger dari Zerova Technologies dapat digunakan untuk kendaraan penumpang dan komersial. Ini juga memungkinkan pengisian daya baterai untuk jarak 160 km hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Pengisi daya EV prototipe mendukung standar pengisian utama CCS-1, CCS-2, CHAdeMO, dan GB. Four Gun Charger hadir dengan desain lebih ringkas, yang membuatnya dapat dipasang di lokasi mana pun.

Dilengkapi juga pengisi daya kiri dan kanan independen pada bagian depan dan belakang satu bodi. Kabel sepanjang 5 meter membuat aksesibilitas untuk semua jenis kendaraan. Pengisian ini juga dilengkapi layar digital.

“Ketersediaan infrastruktur pengisian daya akan menjadi katalis utama untuk penggunaan kendaraan listrik yang lebih luas,” kata Patrik Ott, VP Pengembangan Bisnis dari Zerova.

“Dengan target AS dan UE masing-masing untuk memproduksi 500.000 dan 3 juta pengisi daya umum pada 2030. Kami meluncurkan ini sebagai solusi pengisian daya masa depan yang memungkinkan lembaga menjadi lebih baik dan lebih cepat dalam meluncurkan infrastruktur semacam itu,” ujarnya.

Sebelum Four Gun Charger diluncurkan, infrastruktur pengisian daya tercepat dimiliki perusahaan asal Swiss ABB yang diberi nama Terra 360. Saat debut tahun lalu, diklaim alat ini dapat mengisi daya penuh selama 15 menit.

Pada Mei lalu, perusahaan mengumumkan kolaborasi dengan Shell untuk membangun jaringan 200 pengisi daya Terra 360 di seluruh wilayah Jerman. Rencananya, alat tersebut akan sepenuhnya terinstal pada 2023.

Perusahaan asa China, GAC Aion juga memiliki pengisi daya 480 kW yang dirancang untuk bekerja dengan baterai graphene. Pengisian super cepat hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mendapatkan jangkauan 200 km dan delapan menit untuk 80 persen.

Xpeng juga memiliki pengisi daya baterai sebesar 480-kW, dan NIO masih menjadi perhatian utama dengan pengisi daya mereka yang mencapai 500-kW. Diperkenalkan pada Juli tersbut, namun detail alat pengisian tersebut masih sangat minim.

Selain prototipe pengisi daya 480 kW, Zerova juga menghadirkan varian 360 kW di pameran eMove360. Mereka berencana meluncurkan Four Gun Charger pada kuartal keempat 2023. Tapi, belum jelas apakah varian 360 dan 480 kW akan tersedia saat peluncuran.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut