Logo Network
Network

10 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi setelah Menyantap Daging Kurban

Diana Rafikasari
.
Minggu, 10 Juli 2022 | 11:53 WIB
10 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi setelah Menyantap Daging Kurban
Beberapa makanan dan minuman bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban. Menurut penelitian, terbukti ampuh menurunkan kolesterol naik. Foto/Getty Images/sindonews

JAKARTA,iNewsBlitar.id - 10 makanan dan minuman bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban. Menurut penelitian, makanan dan minuman ini terbukti ampuh dan aman untuk menurunkan kolesterol naik . Karena itu, sejumlah makanan dan minuman ini bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol . Terlebih, daging kurban seperti sapi, domba dan kambing mengandung lemak tinggi. Konsumsi daging kurban secara berlebihan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik.

Pastikan mengonsumsi dalam bentuk alaminya sebagai dari gaya hidup sehat untuk mencapai tujuan kesehatan. Makanan dan minuman ini bisa dikonsumsi secara rutin bersama obat penurun kolesterol dan perubahan gaya hidup sehat untuk hasil yang maksimal. Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban dilansir dari Healthline, Minggu (10/7/2022).

 1. Apel

Foto/Getty Images/Sindonews

Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, pektin dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. Apel bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan.

2. Alpukat

Foto/Getty Images

Alpukat kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Oat

Foto/Getty Images

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan makan semangkuk oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Serat yang ada dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

4. Bawang Putih

Foto/Getty Images

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Namun seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah menemukan hasil yang beragam. Sebagai contoh, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi yang didanai NCCIH tentang keamanan dan efektivitas bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol.

5. Ikan Salmon

Foto/Getty Images

Ikan salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Faktanya, ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Seledri, Ampuh Dikonsumsi dalam Bentuk Jus

6. Teh Hijau

Foto/Getty Images

Teh hijau baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol. Ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat teh hijau untuk kolesterol. Teh hijau sangat sehat, Anda bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari. Tes jenis ini juga bisa menurunkan berat badan, fungsi otak yang lebih baik dan mengurangi risiko diabetes.

7. Jus Tomat

Foto/Getty Images

Penelitian yang meninjau 13 studi menunjukkan bahwa likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari produk tomat bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen. Ditemukan juga bahwa suplementasi likopen dapat menurunkan tekanan darah. 240 ml jus tomat dapat memberikan 22 mg likopen.

8. Susu Kedelai

Foto/Getty Images

Kedelai sangat rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu berlemak tinggi dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari kedelai. Jumlah tersebut bisa Anda konsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Otoritas lain merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter susu kedelai.

9. Smoothie Berry

Foto/Getty Images

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Anthocyanin, agen antioksidan kuat dalam buah beri dapat membantu menurunkan kolesterol. Beri juga rendah kalori dan lemak. Manfaat ini bisa Anda dapat dengan membuat smoothie berry menggunakan dua genggam buah beri. Campurkan buah beri dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan 1/2 cangkir air dingin. Contoh buah beri menyehatkan meliputi strobery, blubery, blackberry dan raspberi.

10. Jus Jeruk

Foto/Getty Images

Penelitian dalam jurnal Lipid In Health and Disease menemukan bahwa mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.